Monday, January 16, 2012

Saatnya Melirik Bisnis Online


Pernah mendengar istilah Globalisasi yang sering menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat? Saya yakin anda pasti berpikir, seberapa kuat Globalisasi ini dapat mempengaruhi pasar di Indonesia. Singkatnya, kita pun mulai merasakan berbagai dampak baik positif maupun negatif terkait dengan maraknya barang yang didatangkan dari luar negeri . Pasar di Indonesia mulai di dominasi oleh barang impor yang notabene merupakan jalan pintas memangkas dana produksi dalam negeri. Ironisnya, seperti tidak bisa dibendung, hampir disetiap sektor perdagangan dalam negeri mulai dikuasai oleh barang asing, mulai dari bahan pokok, tekstil, teknologi, peralatan rumah tangga, dan masih banyak lagi. Seperti harus mencantumkan label buatan luar negeri, baru bisa merebut simpati konsumen di Indonesia.


Globalisasi ini semakin menguat, segala bentuk cara perdagangan pun ditempuh untuk dapat memasarkan produk baik dari dalam maupun luar negeri. Salah satunya adalah dengan cara online. Pernah kita mengalami masa susah untuk mencari informasi tentang sebuah produk atau organisasi karena kurangnya informasi yang bisa didapatkan secara offline. Namun kini, semua itu dimudahkan dengan adanya cara online. Apa saja yang ingin kita ketahui, mulai dari profil perusahaan, keterangan sebuah produk, mencari informasi mengenai suatu penyakit, memberikan komplain pada sebuah produk atau perusahaan, bisa dilakukan dalam hitungan menit. Betapa hebatnya tekhnologi masa kini, berkembang tidak hanya untuk mencari sebuah informasi,  strategi online pun ini melebarkan sayapnya dengan merambah dunia bisnis di Indonesia.

Belum banyak orang yang tahu, jika kita berbicara mengenai orang-orang yang tinggal di daerah. Namun, bagi masyarakat perkotaan seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Makassar, Semarang, Palembang, dan Bandung hal ini merupakan suatu terobosan untuk mengembangkan bisnis. Mengacu pada fakta penelitian yang dilakukan oleh internetworldstats.com yang mendapatkan hasil bahwa Indonesia masuk kedalam lima besar negara dengan jumah pemakaian internet terbanyak yang mencapai 39.600.000 jiwa pada tahun 2011. Menjadi pembelajaran untuk suatu organisasi bahwa persaingan kini telah bergeser kepada dunia virtual atau juga bisa disebut sebagai internet.






 
Tidak bisa dipungkiri bahwa fakta inilah yang mendorong para wirausahawan sadar akan pentingnya inovasi untuk membentuk dunia Bisnis Online. Bisnis online sendiri mulai berkembang dalam berbagai bentuk, seperti Facebook, Twitter, Blog, Website, dan masih banyak lagi. Bentuk dari bisnis dalam dunia maya inilah yang perlu dipertimbangkan oleh sebuah perusahaan atau entrepreneur muda untuk memilih jenis toko virtual seperti apa yang cocok untuk barang  atau jasa yang mereka tawarkan. 
Jika perusahaan tersebut merupakan sebuah koorporasi yang besar dan telah memiliki kredibilitas dalam masyarakat, disarankan membuat sebuah profil perusahaan yang lengkap dengan segala informasi mengenai servis yang ditawarkan dalam bentuk website. Karena website disini merupakan sebuah page online yang secara total dapat dirombak sesuai dengan tema, misi, visi, maupun filosofi sebuah perusahaan sehingga website tersebut dapat menjadi cerminan karakter perusahaan yang memilikinya. 

Lain halnya dengan pemula atau yang benar-benar memulai karirnya dalam dunia virtual. Pilihan toko maya seperti Facebook dan Blog bisa menjadi salah satu solusi bagi mereka. Sekali lagi, segala bentuk toko online yang dipilih untuk memperkenalkan produk maupun jasa yang ditawarkan oleh seorang wirausahawan sangat berpengaruh besar untuk kemajuan bisnis mereka. Sebagai gambaran, cara termudah untuk membuka bisnis online adalah menggunakan jejaring sosial yang dalam pembahasan kali ini adalah menggunakan Facebook. Kelebihannya, saat kita menggunakan Facebook sebagai batu loncatan untuk mengembangkan bisnis, jejaring sosial ini telah terhubung dengan publik yang sangat luas dan beragam sehingga memudahkan kita untuk meraih segmen pasar yang telah kita targetkan. Namun, perlu diingat bahwa seperti apapun canggihnya Facebook, fungsinya tetap terbatas karena kita tidak mungkin secara total memodifikasi page kita seperti yang kita inginkan.

Disini, sebagai pebisnis mungkin kita akan memutuskan akan langsung menggunakan website sebagai jalan alternatif untuk membangun kerajaan bisnis kita. Padahal jika dihitung-hitung, kita harus mengeluarkan banyak biaya untuk membangun sebuah site khusus. Perlu dipertimbangkan, biaya untuk membuat sebuah situs pribadi apalagi jika kita tidak mahir dalam bidang IT, kita perlu mengeluarkan biaya untuk membayar kepemilikan toko virtual tersebut dan biaya membayar jasa pembuatannya. Jika memang belum saatnya, ada satu jalan yang bisa kita tempuh, dimana kita dapat mendekorasi page kita sesuai dengan yang kita inginkan dan membuat layaknya website sungguhan. Tekhnologi ini disebut Blog, sebuah page yang kita kelola mulai dari desain, jumlah page yang diinginkan, link apa yang ingin ditampilkan, video, foto, dan semuanya yang dapat memfasilitasi kita dalam mengembangkan bisnis.

Dalam perkembangannya, Blog ini memiliki berbagai pilihan yang disebut dengan Blogger, Wordpress, Multiply, Tumblr, dan masih banyak lagi yang menawarkan fasilitas yang menarik dan inovatif. Data dari tren salingsilang.com menemukan fakta bahwa pengguna Blog meningkat dari tahun ke tahun.

Periode 5 Juli- 3 Agustus 2011

Menarik bukan, ketika melihat fakta bahwa blog sekarang merupakan suatu jalan bagi para pebisnis untuk menggunakannya sebagai medium penyampaian produk dan jasa yang ingin dipasarkan ke masyarakat. Tapi, perlu diingat bahwa membuat konsep untuk membuka toko virtual tidak semudah yang kita pikirkan, meskipun banyak fasilitas yang memudahkan kita untuk memulainya. Jika kita benar-benar ingin serius menekuni dunia virtual ini, ada baiknya kita mengasah kemampuan kita salah satunya melalui Sekolah Blog yang diadakan oleh Asta Media Grup. Program pembelajarannya pun terdiri dari Basic Blogging, Blogging Pro, dan Blogging for Professional yang akan membantu kita memahami lebih jauh mengenai pembuatan bisnis online berbasis Blog. Sekolah ini berlokasi di Makassar, namun mereka memberikan fasilitas bagi para wirausahawan, pelajar, mahasiswa, dan siapapun diluar Makassar yang ingin belajar membuat Blog dengan membuka program Belajar BisnisBlog (B3).

Karena itulah, siapkan diri anda untuk menjadi entrepreneur virtual yang sukses bersama Asta Media Grup.

Penulis
Monivia Permana Sari, S.I.Kom

Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi :

AstaMedia Group 

Jl. Tamalanrea Raya Blok A22

Kompleks Bumi Tamalanrea Permai (BTP) Makassar

Tel. 0411. 590830 and 0411. 5766897



2 comments:

  1. Wow...tulisannya sangat menginspirasi, baru tau juga kalau ada sekolah Blog. Sebenarnya sudah ada ide untuk membuat Blog secara otodidak, tapi kalau ditambah ilmu yang bisa membuat tampilan Blog lebih lengkap, sepertinya seru... :))

    going tooo B3 program..hehehe

    nice article anyway..

    ReplyDelete
  2. Bener banget itu,rata2 semua beralih ke online,lebih gampang juga jadinya,ga perlu kluar rumah tapi bisa dapet barang yg dimau.Simple....

    Pandangan baru nih,blogger ternyata banyak juga y yg make... :))

    ReplyDelete